MGtbNGJ8Mqt9NaZ4MqN9MGRbMDcsynIkynwbzD1c

FLP Sidoarjo Meramaikan Lokakarya 7 Program Guru Penggerak

BLANTERLANDINGv101
5821456843096345225

FLP Sidoarjo Meramaikan Lokakarya 7 Program Guru Penggerak

Menindaklanjuti surat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi perihal Lokakarya 7 Program Guru Penggerak Angkatan 4 tahun 2022, FLP Sidoarjo sebagai komunitas praktisi penulis mendapat kesempatan hadir di acara tersebut pada hari Senin, 17 Oktober 2022. Acara digelar di aula SMAN 4 Sidoarjo, dan dihadiri oleh para Kepala Sekolah, guru, dan Ketua Komunitas. Ada sedikitnya 10 komunitas maupun organisasi di Sidoarjo yang diundang dalam acara lokakarya guru penggerak, diantaranya FLP Sidoarjo, LSM Mutiara Rindang dari perpustakaan ramah anak, Brang Wetan dari komunitas praktisi seni budaya, Adiwiyata dari komunitas lingkungan, Komed Jatim dari komunitas media pembelajaran, Kampung Lali Gadget dari komunitas permainan tradisional, OPYM Organisasi Penggerak Yatim Mandiri dari praktisi pendidikan, PGRI Kabupaten Sidoarjo dari organisasi profesi guru, IDI Kabupaten Sidoarjo dari organisasi profesi guru, dan Omah Sinau dari organisasi inovasi pembelajaran. 

Sebagai pertimbangan, komunitas pendidikan ini diundang untuk melihat, mencermati, dan berkomunikasi dengan para guru penggerak dan calon guru penggerak (CGP) tentang program yang berkesuaian dengan program komunitas. Hal ini sangat penting karena tujuannya adalah menguatkan kolaborasi dalam proses transformasi pendidikan. Undangan ini sebagai langkah awal agar program-program yang ditampilkan oleh para CGP bisa direspon dengan baik untuk kemudian bekerjasama antara guru penggerak dan komunitas. Sangat mungkin program-program komunitas dan inovatif para CGP bisa saling menguatkan.

Acara dibuka pukul 08.00 dan diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo. Beberapa pagelaran tarian tradisional mengawali acara kemudian dilanjutkan diskusi perwakilan para CGP tentang program-program yang telah dilakukan di sekolahnya. Setidaknya ada 5 CGP terpilih yang masing-masing memaparkan program literasi, peduli lingkungan, inovasi pembelajaran, dan media belajar digital.

Hingga siang pukul 11.30, aula SMAN 4 penuh dengan para tamu undangan dan stand-stand karya para CGP yang dihias sangat meriah. Kunjungan  FLP Sidoarjo ke stand-stand tersebut tidak lain berkenalan dan menjalin kerjasama pada program literasi. Saat ini marak digalakkan program literasi di sekolah-sekolah guna menumbuhkan minat baca dan tulis para siswa. Tidak hanya itu, 6 literasi dasar diantaranya literasi baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan juga harus diketahui dan dimiliki oleh sekolah-sekolah. Dan FLP Sidoarjo telah turut berkontribusi menyukseskan kegiatan literasi di beberapa sekolah di Sidoarjo. Salam sukses bersama para CGP.[]


TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang