MGtbNGJ8Mqt9NaZ4MqN9MGRbMDcsynIkynwbzD1c

Writing Healing di Yussar

BLANTERLANDINGv101
5821456843096345225

Writing Healing di Yussar

Senin, 12 September 2022



TANGGULANGIN- Salah satu misi Forum Lingkar Pena adalah meningkatkan mutu dan produktivitas karya anggota sebagai sumbangsih berarti bagi masyarakat. Hal ini sejalan pula dengan Kemendikbud dan Kemenparekraf yang menggaungkan Gerakan Literasi Nasional yang menyatakan bahwa perlu menciptakan ekosistem masyarakat berbudaya baca tulis serta cinta bahasa dan sastra sekaligus mendorong adanya promosi destinasi wisata terutama yang dapat mengenalkan budaya dan memberdayakan potensi daerah di Nusantara.

Dalam pelaksanaan strategi tersebut, FLP Sidoarjo melakukan temu anggota secara langsung guna penyegaran ide tulisan yang merujuk pada promosi destinasi wisata Sidoarjo sekaligus menjadi momen pengakraban dan penguatan organisasi FLP Sidoarjo itu sendiri. Acara dikemas dalam tajuk Writing Healing di Yussar Fishing and Playground Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo dalam situasi santai tapi bermanfaat (6/8).

 Yussar Fishing and Playgroud merupakan salah satu wahana wisata edukasi terbaik di Jawa Timur khususnya bagi warga desa perbatasan yaitu Desa Kalidawir dan Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin yang berhasil mengelola rawa-rawa terdampak luapan lumpur menjadi tempat wisata yang mampu mengangkat perekonomian warga sekitar. Adanya tempat wisata tersebut membuka peluang usaha untuk menjual produk UKM seperti aneka olahan bakaran ikan khas Sidoarjo. Selain edukasi bagi warga sekitar, Yussar Fishing and Playgroud juga menjadi tempat healing yang tepat bagi pengunjung.

Pemandangan Yussar Fishing and Playground sangat cantik karena pada bagian pagar dan arena-arena jalan atau jembatan kayu dihias dengan beragam lampu aneka warna. Tak jarang, taman wisata ini semakin ramai dikunjungi warga pada waktu sore hingga malam hari. Semua area yang ada di Yussar Fishing and Playground bisa menjadi spot foto yang instagramable.

 


Oleh karena itu, acara Writing Healing ini sengaja dilakukan pada jam 15.00-18.00 agar anggota FLP dapat menikmati panorama matahari terbenam yang indah. Dalam pertemuan itu, para anggota berkumpul di Bulan Resto sambil mendiskusikan tentang ide, karya tulisan yang memukau, hingga curhat tentang kehidupan. Acara ditutup dengan makan ikan bakar dan berfoto bersama. Sebagai follow up dari kegiatan tersebut, anggota diminta menuliskan kisah inspiratif yang nantinya akan dibukukan menjadi satu buku antologi komunitas.(ty)

 

(Penulis: Tyas W/Ketua FLP Sidoarjo)

TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang