MGtbNGJ8Mqt9NaZ4MqN9MGRbMDcsynIkynwbzD1c

Menyajikan Sastra dan Bahasa dalam Jurnal Ilmiah

BLANTERLANDINGv101
5821456843096345225

Menyajikan Sastra dan Bahasa dalam Jurnal Ilmiah

Senin, 12 September 2022


SIDOARJO- Gerakan literasi di Kota Udang terus digencarkan. Salah satunya seperti yang dilakukan Forum lingkar Pena (FLP) Sidoarjo. Sabtu (26/6) FLP Sidoarjo bekerja sama dengan Universitas dr. Soetomo dan Balai Bahasa Jawa Timur menggelar workshop bertema “Menyajikan Sastra dan Bahasa dalam Jurnal Ilmiah di Forum Lingkar Pena Sidoarjo”.

Fakultas Sastra Universitas dr. Soetomo kebetulan memiliki program pengabdian masyarakat dan FLP mendukung hal-hal yang menyangkut wawasan kepenulisan. Acara workshop digelar sejak pukul 08.00 sampai pukul 15.00 dan dibuka oleh dekan Fakultas Sastra Universitas dr. Soetomo yaitu Ibu Dra. Cicilia Tantri Suryawati, M.Pd., kepala Balai Bahasa Jawa Timur Ibu Umi Kulsum, M.Hum., dan tentu saja ketua FLP Sidoarjo Tyas Wulan Ssari, S.Si.

Acara diikuti oleh anggota FLP Sidoarjo, mahasiswa Unitomo, dan 4 pemateri yang merupakan dosen Fakultas Sastra Unitomo, diantaranya Rahadiyan Duwi Nugroho, S.S.,

M.Hum., Siti Wulandari, S.S., M.Pd., Dr. Suhartawan Budianto, S.S.,
M.Pd., serta Dra. Titien Wahyu Andarwati, M.Hum.

Pelaksanaan workshop jurnal ilmiah ini berangkat dari anggota FLP Sidoarjo yang sebagian besar adalah para akademisi seperti mahasiswa, guru dan dosen. Sebelumnya, rerata anggota FLP Sidoarjo banyak melahirkan karya fiksi seperti cerpen, puisi, pantun, dan novel meskipun akademisi. Oleh karena itu, harapannya ilmu kepenulisan ilmiah ini bisa menjadi penyeimbang kemampuan anggota di bidang nonfiksi. Apalagi bagi mereka yang berlatar belakang akademisi, maka dirasa perlu untuk mempelajari penulisan ilmiah agar mereka kemudian dapat menuliskan artikel ilmiah yang bereputasi.

Selain itu, bagi anggota FLP yang non akademik, workshop penulisan jurnal ilmiah ini juga sangat bermanfaat bagi mereka ketika nantinya ada kompetisi-kompetisi artikel ilmiah.

Acara workshop ditutup dengan penugasan bagi peserta untuk menyajikan buku sastra atau film yang pernah dibaca atau ditonton ke dalam bentuk jurnal ilmiah dengan kaidah yang telah dipaparkan. (ty)

TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang