MGtbNGJ8Mqt9NaZ4MqN9MGRbMDcsynIkynwbzD1c

Keseruan Writing Camp FLP Se-Jatim 2017

BLANTERLANDINGv101
5821456843096345225

Keseruan Writing Camp FLP Se-Jatim 2017

Senin, 04 September 2017


KESERUAN WRITING CAMP FLP SE-JATIM 2017



Pada tanggal 19-20 Agustus 2017, FLP Sidoarjo bekerjasama dengan FLP Jawa Timur mengadakan perhelatan tahunan yakni acara Writing Camp yang mengundang seluruh cabang-cabang Forum Lingkar Pena di Jawa Timur. Di antara peserta-peserta itu adalah anggota Pramuda, Muda, dan ketua-ketua cabang dari FLP Probolinggo, Pamekasan, Pasuruan, Lumajang, Bangkalan, Ngawi, Surabaya, Blitar, dan beberapa FLP ranting seperti ranting UM dan ranting UIN. Seluruh peserta membayar Rp 150.000 untuk biaya akomodasi selama pelatihan berlangsung.
            Tanggal 19 siang, tepatnya pukul 12.00, panitia sudah selesai mempersiapkan acara dan dapat menerima registrasi untuk peserta. Setiap peserta akan mendapatkan goody bag yang berisi toolkit pelatihan seperti ID card, sertifikat, bolpoin, block note, majalah, dan gantungan kunci. Selain itu, mereka juga diberikan keterangan mengenai nomor kamarnya dan dipersilakan mencari letaknya sebelum bersiap-siap mengikuti pembukaan acara.
            Materi yang pertama kali disampaikan adalah mengenai “Blogging” oleh Pak Rafif Amir. Beliau adalah salah satu founder FLP Sidoarjo, dan sebelum menjabat sebagai Ketua FLP Jawa Timur seperti saat ini juga pernah menjadi ketua FLP Sidoarjo. Beliau membawakan materi menarik mengenai bagaimana caranya menaikkan kunjungan di blog, monetisasi blog dengan memasukkan iklan ke dalamnya, dan memeriksa peringkat blog setelah membuat link sendiri (menghilangkan domain blogspot dan menggantinya dengan .com saja).
            Selanjutnya adalah aksi panitia yang unjuk gigi dalam drama berjudul “Ada Apa dengan Jomblo”. Drama komedi ini mengundang antusiasme para peserta. Selain itu, bahasan “jomblo” terus-menerus terlantun menjadi guyonan setelahnya.
            Materi selanjutnya disampaikan oleh Pak Angga Suprapto, bertema bedah film. Film yang ditonton adalah salah satu film produksi Disney yang berjudul Thinkerbell.  Tentu banyak yang sudah menontonnya, tapi juga ada beberapa yang belum melihatnya sampai ending. Di sini, peserta diberikan waktu untuk menjelaskan amanat yang tersampaikan di dalam film.
            Setelahnya, peserta dipersilakan rehat sejenak untuk bersih diri, shalat, dan menikmati hidangan makan malam dari pihak villa. Setelah selesai break, peserta masuk kembali ke dalam aula dan menyimak promosi dari Penerbit Satoe yang dipelopori oleh Pak Rafif dan Mas Ibra (dari FLP Surabaya) beserta cara mengirimkan naskah jika ada yang berkenan. Usai itu, ada pengumuman pemenang kegiatan Reading Challenge yang diadakan FLP selama dua bulan terakhir. Ada tujuh pemenang yang mendapatkan piagam penghargaan.
            Sementara panitia telah menyiapkan lokasi api unggun, sehingga setelah selesai penganugerahan untuk pemenang Reading Challenge, peserta langsung mengikuti game mencari harta karun yang menunjukkan mereka arah menuju tempat api unggun berada—yang sekaligus tempat harta karun itu diletakkan. Di acara api unggun, kami saling memperkenalkan diri serta berasal dari cabang FLP yang mana.
            Ketika waktu semakin malam, acara pun ditutup dengan renungan. Peserta diperbolehkan kembali ke kamar masing-masing, sementara ketua cabang melakukan konsolidasi. Panitia juga masih melakukan rapat untuk kegiatan esok hari, serta membicarakan agenda-agenda FLP Sidoarjo selanjutnya.

PADA hari kedua, panitia membuat acara outbond sederhana. Untuk memperingati 17 Agustus, maka diadakan lomba-lomba, mulai dari lomba memindahkan air dengan gelas, lomba memindah karet dengan sedotan, lomba memindah bola dengan kening, serta lomba bisik kata. Selesai mendapatkan pemenang lomba-lomba, peserta sibuk bermain di area taman belakang villa dan berfoto bersama di depan backdrop acara.
            Setelahnya, peserta diperbolehkan mengambil coffee break dan camilan, kemudian membersihkan diri, sarapan, dan segera kembali ke aula untuk mengikuti materi selanjutnya. Materi ketiga diisi oleh Bunda Umi dari FLP Jombang dengan tajuk “Menulis Cerita Anak”. Dalam materi kali ini, Bunda Umi langsung meminta peserta praktik menuliskan cerita anak dengan memberi bekal fakta-fakta mengenai laron. Peserta antusias menulis, dan akhirnya terpilih empat tulisan terbaik yang berhak mendapat buku dari beliau.
            Akhirnya, sampailah pada materi terakhir yang dibawakan oleh Pak Arul Chandrana. Materi yang disampaikan dengan candaan renyah dan komunikatif ini bertajuk “Kiat Menembus Media”. Untuk membuat peserta lebih paham, Pak Arul juga sudah mempersiapkan simulasi mengirimkan naskah ke penerbit, dan akhirnya dipilih beberapa naskah terbaik yang dipilih penerbit. Penerbitnya sendiri diperagakan oleh panitia.
            Setelah materi terakhir selesai, panitia maju dan menyampaikan kata-kata terakhir untuk peserta. Seusainya, peserta bersalaman dengan panitia dengan harapan dapat dipertemukan lagi di kesempatan lain. Acara kali ini benar-benar mempersatukan keluarga besar Forum Lingkar Pena Wilayah Jawa Timur.
            Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan lainnya bersama FLP! Berbakti, berkarya, berarti!


Jajaran panitia Writing Camp 2017

Ditulis oleh: Niswahikmah [].
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang