MGtbNGJ8Mqt9NaZ4MqN9MGRbMDcsynIkynwbzD1c

Seminar Writerpreneur Peluang Bisnis Bagi Penulis

BLANTERLANDINGv101
5821456843096345225

Seminar Writerpreneur Peluang Bisnis Bagi Penulis

Minggu, 11 Desember 2022

Seminar Writerpreneur Peluang Bisnis Bagi Penulis

Tulangan-Seminar writerpreneur digelar di SMPN 1 Tulangan pada Sabtu (10/12) diikuti oleh 65 siswa. Di tengah kemajuan dunia literasi dan teknologi, alangkah baiknya jika masyarakat profesi apa pun baik penulis itu sendiri, guru atau siswa bisa memanfaatkan kemajuan yang ada untuk melebarkan dunia literasi menjadi semakin bermanfaat, tutur Tyas W dalam sambutannya selaku ketua FLP Sidoarjo.

Senada dengan Tyas W, Kepala sekolah SMPN 1 Tulangan Bapak Agus Pujiono, S.Pd, M.Si juga menghimbau agar para siswanya bisa mengoptimalkan potensi journalism dalam diri mereka untuk tujuan literasi yang lebih besar yaitu kebermanfaatan syiar kebaikan dan menjadi nilai tambah di bidang entrepreneurship.

Narasumber-Kak Rafif Amir menyampaikan bahwa semakin berkembang teknologi, profesi manusia akan banyak yang tergantikan dengan tenaga robot. Menulis bukanlah pekerjaan tetapi peluang bisnis. JK Rowling dan Stephen King adalah dua penulis senior yang telah membuktikan bahwa aktifitas menulis yang semula hanya mengumpulan kata-kata tapi berhasil meraih omset maksimal setelah mereka menjual karyanya.

Menurut Kak Rafif Amir, langkah sederhana menjadi writerpreneur yang pertama adalah menulis mulai dari sekarang. Tumbuhkan karakter penulis dalam diri diantaranya siap mental, percaya diri, cinta buku, sabar, kerja keras, dan disiplin. 

Langkah selanjutnya menjadi seorang writerpreneur yaitu menentukan harga tulisan, berapa target keuntungan, pikirkan bagaimana pemasarannya, buat tim dan open pre-order.

Satya, salah seorang siswi kelas 7 menanyakan bagaimana cara meningkatkan reader dari tulisannya, Kak Rafif menyarankan agar penulis lebih dulu meningkatkan produktivitas tulisannya tanpa memikirkan jumlah pembaca, terus belajar sambil memperbaiki kualitas karya. Cobalah menuliskan semua genre tulisan dan mempublikasikan di media. Tingkatkan skill dan bacaan. Lalu tuangkan wawasan tersebut menjadi tulisan yang memiliki ciri khas. Maka, suatu saat reader akan bertambah dengan sendirinya.

Bagaimana cara menulis cerita yang menarik? Semua butuh latihan. Tambah jam terbang dan isi terus diri dengan bacaan yang berkualitas.

Acara seminar writerpreneur ditutup dengan kegiatan launching buku terbaru karya Kak Rafif Amir yang berjudul Falsafah Bahagia yang diserahkan kepada Bapak Supri selaku waka kesiswaan SMPN 1 Tulangan sekaligus ketua ranting FLP Tulangan. 

Peserta yang aktif selama diskusi seminar berhak mendapatkan doorprise buku-buku pilihan dari panitia. Hadir diantaranya Inka Ayu selaku moderator acara, Vanda Arie, Miranti, dan Novi Larasati. 






TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang